Cara Mengecek VRAM Windows 10

Bagaimana Cara Mengetahui Besar VRAM yang Ada di PC / Laptop / Komputer Windows 10?

Lihat caranya di bawah


Pengertian VRAM

Bagi sebagian gamer atau pengguna, yang menggunakan PC/laptop/komputer untuk memainkan game. Pasti sudah tidak asing lagi dengan kata VRAM. 

VRAM (Video Random Access Memory) adalah salah satu komponen yang terpasang pada video card yang bekerja layaknya RAM. Jika RAM digunakan untuk menyimpan data dari CPU (Central Processing Unit), VRAM digunakan untuk menyimpan data dari GPU (Graphical Processing Unit). Data tersebut berupa texture, framebuffer, atau asset lainnya yang dibutuhkan oleh video card untuk merender sebuah gambar hingga dapat tampil di layar monitor. 

VRAM ditemukan oleh F. Dill, D. Ling and R. Matick pada penelitian IBM di tahun 1980 lalu dipatenkan pada tahun 1985. Sebelum terciptanya VRAM, memori berteknologi dual-ported terbilang cukup mahal dan memiliki kualitas terbatas. Hingga pada tahun 1986, untuk yang pertama kalinya IBM memperkenalkan VRAMsecara komersial pada system PC/RT-nya yang kemudian menjadi standar untuk tampilan grafis.

Fungsi VRAM

VRAM berfungsi sebagai memori untuk menyimpan seluruh data grafis yang dibutuhkan oleh GPU untuk merender sebuah gambar.


Cara Mengecek VRAM

1. Buka windows setting, lewat start menu dan memilih icon gerigi, atau ketik setting di pencarian start menu,


2. pada windows setting, pilih system,


3. Pilih display > Advanced display settings,


4. Pilih Dispay Adapter Properties For Display 1,


5. setelah itu muncul tampilan pop up Generic PnP  Monitor and Intel(R)  UHD Graphics (nama VGA/kartu grafis kalian) Propesties. Contohnya seperti ini, saya menggunakan Intel(R) UHD Graphics 600.



Seperti yang ditunjukkkan pada gambar di atas, artinya saya menggunakan Dedicated Video Memory dari Intel(R) UHD Graphics 600, sebesar 128 mb.

Jadi ukuran VRAM yang digunakan pada kartu grafis atau VGA tersebut adalah 128 mb.

Yang dimaksud Dedicated Video Memory ini adalah secara independent ukuran atau jumlahnya asli, tidak menggunakan atau memakan memori RAM yang ada di PC/laptop/komputer.


Demikian artikel tentang cara mengecek besar VRAM di PC/komputer atau laptop di windows 10. 

Semoga membantu.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama